12/25/2020

Panorama Cot Weng


Foto : Tampak keindahan bukit cot weng dari jalan Batee-Krueng Raya, Gampong Kulee, Kec Batee, Kab pidie


Melintas jalan Medan-Banda Aceh merupakan rutinitas publik jalur jalan nasional Sumatera-Aceh, dan mudah dilewati dengan jalan yang terbilang mulus. Namun bagi segilintir orang, melewati jalan yang sama akan menimbulkan rasa jenuh. Terlebih jalan yang terkenal dengan gunung Seulawah ini kini kerap dilalui oleh mobil-mobil angkutan umum.


Bagi siapapun yang pernah melintas dari bundaran Lambaro, Aceh Besar menuju Pidie pasti pernah merasakan macet. Walaupun persentasi macet berbeda jauh dengan kondisi DKI Jakarta.


Selain jalur nasional, ada satu jalur lagi yang di bisa di lalui menuju Banda Aceh yaitu jalur Laweung. Alasan sederhana ini lah yang memicu hasrat saya untuk memilih alternatif lain kala menempuh perjalanan Pidie-Banda Aceh. Selain jenuh melintas jalan yang sama, melewati jalur lain tentu memberikan kesan unik dan sensasi yang berbeda.

 

Foto : Tempat santai bersama keluarga, sahabat yang di sediakan


Bergerak dari Pidie ke Banda Aceh melewati jalur Laweung, Guha Tujoh, hingga Krueng Raya yang berada  di Aceh Besar.Perjalanan awal dimulai dari Grong-Grong, tidak ada penumpang dan pengemudi lintas Timur Utara Aceh yang tidak tahu daerah ini, yaitu sebuah kota kecil di Kabupaten Pidie  yang sore harinya terjadi kemacetan total walau hanya satu kilometer.


Dalam perjalanan kali ini ada hal yang sangat menarik yang saya temukan diperbatasan Laweung dan Batee. sebuah pemandangan yang sangat menyejukkan mata, menenangkan jiwa. Namanya Cot Weng atau Puncak Kulee, puncak yang sangat sejuk ditambah pepohonan tumbuh rindang dengan khas hijau daun.


Puncak idaman tiap orang itu tidak jauh dari pemukiman warga, lokasi tersebut selalu ramai pengunjung di sore hari. Menuju puncak tentu tidak sulit dan juga tidak mudah, pasalnya jalannya sedikit menanjak tapi sudah beraspal, walaupun ada beberapa titik yang berlubang disebabkan banyak mobil-mobil besar yang lalu lalang di jalan itu.


Dari ketinggian Puncak Kulee, mata akan di suguhi keindahan pusat kota Sigli yang indah serta laut biru, tampak air laut kebiruan berpadu dengan pemandangan alam sekitar yang membuat takjub. Saat cuaca cerah, dari tempat ini kita bisa saksikan langit biru berhiaskan awan putih yang membuat siapa saja terpesona.

 

Foto : View garis pantai terlihat jelas dari atas bukit cot weng, Gampong Kulee, Kec Batee, Kab Pidie


Banyak muda-mudi menghabiskan waktu sore menjelang magrib di sini sembari menikmati matahari terbenam (sunset) dan kadang kala menunggu senja yang datang dari arah bukit, ada yang sengaja mendokumentasikan keindahan sore itu dengan ‘view’ berbeda, sekitaran tempat ini juga banyak penjual yang biasa menyuguhkan minuman dan makanan segar.


Selain pemandangan yang indah Cot Weng juga sering dijadikan sebagai spot foto Prewedding, bukan hanya masyarakat sekitar ada yang rela jauh-jauh datang kemari hanya untuk keindahan alam semesta ini.


Saya terpikir untuk kembali ke destinasi wisata ini pada lain kesempatan dan bagi kalian yang suka melakukan perjalanan, jalur ini sangat direkomendasikan.(fh)


Foto : Banyak pondok - pondok untuk yang biasa menyuguhkan minuman dan makanan segar



Baca Juga:



EmoticonEmoticon