4/26/2021

Teuraceu Angen Wisata Di Pedalaman Beungga

Foto : Teuraceu Angeun yang berada di kawasan pedalaman hutan Beungga, Kec Tangse, Kab Pidie

Minggu yang cerah setelah semalamam diguyur oleh hujan, hari ini saya bersama teman teman pergi menuju tempat wisata yang bernama teuraceu angen, yang berada di pegunungan beungga.

Tepat jam 9 kami berangkat dari Sigli yang sebelumnya menyempatkan sejenak untuk meneguk secangkir kopi disalah satu warung kopi, suasana pagi ini begitu cerah tidak ada tanda-tanda akan hujan turun.

Setelah menempuh perjalanan Sigli-Beungga dengan jarak tempuh 50 km menghabikan waktu sekitar 1 jam kami sampai di Keutapang, berhenti sejenak di pos renger Beungga sembari menunggu teman lain sampai, setelah semua siap kami kembali melanjutkan perjalanan melewati sawah dan kebun warga dengan melewati jalan bebatuan kira kira 1 km hingga sampai di irigasi tempat pemberhentian terakhir kendaraan, selanjutnya perjalanan akan ditempuh dengan jalan kaki.

Sepanjang perjalanan dari irigasi menuju teuraceu angen kami melewati perkebunan warga sembari menikmati pemandangan sekitar yang banyak pohon durian tumbuh berjejeran, sayangnya pohon durian masih belum berbuah ketika kami lewat. 4 jalur sungai dengan aliran air dan bebatuan yang licin harus dilewati sebelum sampai ke teuraceu angen.

sepanjang melewati sungai kami menjumpai satu teuraceu yang tidak terlalu tinggi kira-kira 7 meter dengan kedalaman 50 cm dengan debit air yang besar diakibatkan hujan deras semalaman, sehingga kami sempat berfoto sebentar dan menikmati pemandangan alam sekitar.

Setelah puas mandi dan foto di air terjun pertama, selanjutnya kami melakukan perjalanan kembali yang harus menaiki tebing berlumut dengan ketinggian lebih kurang dua meter karena itu salah satu jalur yang dekat menuju teuraceu angen, harus sangat berhati-hati saat menaiki tebing tersebut.

Selanjutnya kembali berjalan melewati tiga aliran sungai kecil sekitar satu jam perjalanan. Waktu menunjukkan pukul satu siang dan salah seorang teman mengatakan kalau teuraceu angen sudah dekat dengan melawati jalan terjal yang dipenuhi bebatuan besar sebelum akhirnya sampai ditujuan.

Teuraceu angen dengan ketinggian 20 meter dan debit airnya yang begitu besar sehingga dari jarak 10 meter saja kita sudah merasakan percikan air dan angin sangat kencang, tidak menunggu lama kami langsung mengabadikan moment di teuraceu angen dan selanjutnya mandi kolam yang berada tepat di bawah teuraceu angen.

Tidak terasa jam sudah menunjukkan pukul 4 sore, kami semua bergegas untuk kembali pulang, karena cuaca sekitar juga sudah mulai mendung. Pukul 6 kami sampai di parkiran motor dan langsung melanjutkan perjalanan pulang ke rumah masing-masing.

Itulah sedikit penggalan cerita saya bersama teman-teman menikmati hari libur ke teuraceu angen Beungga.(an)