5/31/2017

Putri Sandi Ratna Indra (Putroe Sani)


Putri  Sandi  Ratna Indra (Putroe Sani)

Siapakah Putroe Sani ini ?,terbesit dalam pikiran saya tentang sosok dari Putroe sani,dari nama yang di sebutkan pastilah beliau seorang wanita yang anggun lagi terpandang serta pastinya dari keluarga orang terpandang dan bangsawan pada saat itu.

Jangan menjadi penasaran saya pun menelusuri sejarah dari kehidupan beliau,dengan berbekal informasi yang saya dapatkan,langsung saja saya menuju ke sebuah Gampong di Kecamatan Reubee,Kabupaten Pidie,yaitu Gampong Meunasah Runtoh,di sana saya menjumpai seorang warga dan menanyakan makam dari Putroe Sani tersebut.

Sesampainya di sebuah bangunan berbentuk seperti Meunasah saya pun berhenti,dan di sinilah makam dari Putroe Sani,makam yang sudah di pugar ini masuk kedalam lampoh (kebun) warga,di sepetak tanah inilah Putroe Sani di makamkan.

tanpa papan nama yang jelas dan keadaan sekitar pemakaman yang tampak tidak terawat menjadikan sebuah keadaan yang sangat miris.Bagaimana tidak,Putroe Sani yang seorang anak dari ulama besar yaitu Tgk Syik di Reubee,tetapi makam beliau di biyarkan begitu saja tidak terurus,padahal sangat banyak menyimpan sejarah untuk Aceh itu sendiri.



Makam Putroe Sani nampak  dari luar

Makam Putroe Sani



Makam Putroe Sani nampak dari dalam

Putri Sandi Ratna Indra adalah anak dari Daeng Mansyur atau yang lebih dikenal  Tgk Syik di Reubee,yang mana makam tgk Syik di Reubee tidak terlalu jauh terpaut,kira-kira lebih kurang 1 KM jauhnya dari makam Putroe Sani,tidak banyaknya informasi yang di dapatkan sehingga tentang riwayat hidup beliau hanya sedikit yang kita ketahui.

Beliau adalah istri dari Sultan Iskandar Muda,sebagai pengetahuan lebih,menurut sejarawan Aceh yaitu A Rahman Kaoy,menjelaskan,Sultan Iskandar Muda mempunya 4 orang istri,yang pertama adalah Putroe Sani anak dari Daeng Mansyur (Tgk Syik di Reubee),kedua adalah Putri Asiah dari Bireun,ketiga adalah Putri Kamaliah dari Pahang,dan yang keempat yaitu Putri Hijau dari tTakengon,beliau juga mengatakan bahwa Sultan Iskandar Muda mempunyai seorang selir dari Afrika yaitu Putri Afrika.

Menurut penuturan dari warga,asal mula Putroe Sani berkenalan dengan Sultan Iskandar Muda adalah pada saat itu Sultan sedang menuntut ilmu pada Tgk Syik di Reubee,di situlah timbul rasa cinta dan sayang,sehingga Sultan Iskandar Muda mempersunting Putroe Sani menjadi permaisurinya,dari pernikahan Putroe Sani dan Sultan Iskandar Muda inilah lahir seorang bayi yang cantik dan rupawan yang selanjutnya nanti menjadi penerus ayahnya,yaitu Ratu Safiatuddin.

Sudah sepatutnya dalam hal ini baik pemerintah,pemerhati sejarah dan kita khususnya untuk menjaga dan melindungi serta melestarikan aset sejarah yang kita punya,jangan sampai para generasi penerus kita selanjutnya tidak mengetahui tentang sejarah para leluhurnya terdahulu,serta kepada peneliti saya mengharapkan untuk menggali terus sejarah dari putroe sani tersebut.

Baca Juga:



EmoticonEmoticon