1/05/2019

Lhok Gob, Destinasi Wisata Pedalaman di Ulee Gle


Foto : Objek wisata Lhok Gob, Ulee Gle, Pidie Jaya

Potensi sektor wisata di provinsi Aceh sangatlah besar, hal ini ini bisa di lihat dari banyaknya daerah ataupun kabupaten yang memiliki potensi wisata yang menarik, baik itu wisata alamnya maupun wisata bahari. Salah satu kabupaten yang menyimpan begitu banyak potensi wisata alamnya adalah Kabupaten Pidie Jaya
Kabupaten yang memisahkan diri dari Kabupaten Pidie pada tahun 2007 ini banyak menyimpan wisata alam yang masih sangat asri. Dengan luas wilayah hutannya yang mencapai 95.249,6 Hektar tidak menutup kemungkinan bahwa wilayah ini mempunyai objek wisata seperti air terjun, sungai yang jernih, wisata pegunungan dan lain sebagainya.


Foto : Objek wisata Lhok Gob, Ulee Gle, Pidie Jaya

Salah satunya potensi wisata yang ada di Pidie jaya adalah wisata alam Lhok gob. Wisata alam yang satu ini terdapat di Gampong Kumba. Lhok Gob menyajikan sungai dengan airnya yang jernih, serta terdapat bebatuan-bebatuan besar. Pepohonan tumbuh rindang dan lebat di sepanjang sungai. Objek wisata ini terletak kira-kira 10 km arah barat dari pasar Kecamatan Bandar Dua (Ulee Gle), Pidie Jaya.

Akses jalan untuk menuju ke Lhok Gob pun terhitung mudah dan bisa diakses dengan sepeda motor dengan jarak lebih kurang 10 km dari pasar Ulee Gle. Kondisi jalannya sebagian telah di aspal dan sebagian bebatuan serta becek di musim penghujan tiba. Jalan tersebut bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Sepanjang jalan kita akan dihadapkan dengan persawahan. Memasuki kawasan Lhok Gob, perkebunan sawit sudah berbaris rapi di sisi kiri dan kanan jalan.



Foto : Objek wisata Lhok Gob, Ulee Gle, Pidie Jaya

Ada satu tradisi turun temurun dalam masyarakat Gampong Kumba, setiap tahunnya setelah panen padi selesai, masyarakat akan mengadakan acara “Khanduri Blang” di sungai Lhok Gob tersebut. Masyarakat setempat menyakini bahwa dari sinilah mulut air (Abah Ie) terbuka dan menngalirkan air untuk persawahan warga.

Baca Juga : Mengeskplore Barieh Kala, Sungai di Balik Tebing

Itulah sediki penjelasan tentang salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi bersama rekan-rekan atau keluarga saat akhir pecan. Kami mengharapkan bagi para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak lupa pula selalu mematuhi norma adat, etika dan kesopanan saat mengunjungi objek wisata, baik itu Lhok Gob, maupun di tempat lain.


Foto : Objek wisata Lhok Gob, Ulee Gle, Pidie Jaya

Baca Juga:


1 komentar


EmoticonEmoticon