6/01/2017

Kerajaan Islam pertama di Nusantara


Islam di Nusantara
Baru-baru ini terjadi perdebatan di kalangan masyarakat Aceh,bagaimana tidak dalam beberapa bulan lalu presiden RI yaitu bapak Jokowi baru saja mengresmikan monumen titik Nol Islam pertama di Barus, Tapanuli selatan,Provinsi Sumatra Utara.
Sebagaimana yang kita ketahui sejarah Islam awal mula datang ke Nusantara yaitu di wilayah Aceh,atau tepatnya di Perlak,yang sekarang termasuk ke dalam Aceh Timur,itu terbukti dengan adanya bukti sejarah yang terdapat di Perlak.

Seperti yang di jelaskan oleh peneliti sejarah “Kerajaan Islam Pertama di Nusantara”yaitu bapak Dr.Husaini,beliau menjelaskan Islam masuk ke Nusantara di bawa oleh para pedagang dari Arab dan India,pada abad ke-1 H,atau pada abad ke-7 M,dan kerajaan Perlak merupakan kerajaan pertama islam di nusantara,yaitu pada tahun 840-1292 M.

Berdasarkan catatan Marcopolo Islam sudah masuk ke Perlak atau Perlis pada tahun1291 M,menurut para peneliti informasi tentang kerajaan Perlak masih sangat minim di karenakan kurangnya kajian dan penelitian,tetapi menurut sumber lain yang digunakan seperti Kitab kuno yaitu ada yang menyebutkan tentang kerajaan Islam pertama di Nusantara itu Perlak.

Raja pertama di Perlak adalah Sultan Alaidin Said Maulana Abdul Azis Shah, berdasarkan naskah tua yang berjudul “Ijharul Haqi”,yang di tulis oleh Al -Tasyi,Raja Perlak tersebut wafat pada tahun 249 H atau 864 M,beliau juga memindahkan ibu kota dari Bandar Perlak ke Bandar Khalifa.

Pada perjalanan selanjutnya Sultan Mahtum Alaidin Malik Alaidin Shah,Raja Perlak terakhir yang menyatukan Perlak dan Samudra Pasai di bawah pimpinan Sultan Muhammad Malik Al-Zahir putra dari Malik Al-Saleh,sejak saat ini peneliti bersepakat Samudra Pasai sebagai kerajaan Islam tertua di Nusantara yang berdiri pada abad ke-13,menemukan arkeologi mereka menjadi dasar dari argument para peneliti.

Peninggalan kerajaan seperti perhiasan,senjata,keramik,serta alat tukar yaitu mata uang dirham menjadi bukti bahwa Samudra Pasai sebuah kerajaan yang besar,dalam catatan Ibnu Batuta di jelaskan,Samudra Pasai merupakan kerajaan terbesar,itu terbukti dari banyaknya para pedagang dari Cina,Arab dan Jawa datang ke Samudra Pasai.

Dari penjelasan di atas tadi saya dapat sementara menyimpulkan bahwa Kerajaan Islam pertama di Nusantara adalah Perlak yang kemudian di gabungkan dengan samudra pasai,sedangkan pertama kali islam masuk ke nusantara walaupun banyak pendapat yang berbeda,kita sebagai umat islam sudah sepatutnya tidak mempermasalahkan itu.
Saya berharap kita sesama  umat islam yang berada di nusantara bersatu padu dalam menegakkan ke benaran dan keadilan,tidak harus sesama umat islam selisih faham apa lagi sampai terjadi konflik yang merugikan umat islam itu sendiri,biar para peneliti yang bertugas untuk mencari tahu di mana islam masuk pertama ke nusantara

Beberapa bukti sejarah










Baca Juga:



EmoticonEmoticon