6/14/2017

Pesona Alam Pidie

PIDIE merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Aceh. Meski dulu sempat menjadi kawasan darurat militer, Kabupaten Pidie tidak hanya dikenal sebagai lumbung padi nasional dan penghasil empieng melinjo tapi juga dikenal sebagai kawasan objek wisata alamnya yang masih perawan nan indah dan alami. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya objek wisata yang terdapat di Kabupaten Pidie.

Menelusuri jalan menuju kecamatan Tangse yang berada di kaki Pegunungan Bukit Barisan yang hanya berjarak sekitar 40 km dari kota pusat kota Sigli, kita akan menjumpai beberapa objek wisata alam yang ada disana, seperti bendungan di Keumala Dalam yang dulunya bendungan tersebut di buat oleh bangsa Jerman.

Bukan hanya itu Kecamatan tangse yang terletak di ketinggian 600-1200 mdpl banyak menyimpan detinasi wisata alam yang sangat cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Udaranya yang sejuk dengan curah hujan yang tinggi serta memiliki kualitas tanaman terbaik karena memiliki tanah yang subur. Hasil bumi yang berlimpah dengan tambang seperti emas, biji besi dll. Di era 70-an wilayah ini merupakan daerah paling makmur di Aceh, dengan kopi robusta, padi (beras cantik manis) yang sangat legit, durian yang manis serta tanaman holtikultura lainnya.

Selain itu, daerah ini juga menawarkan beberapa objek wisata menarik seperti arung jeram di Cot Kuala, Air Terjun Alue Putek, Air Terjun Krueng Rhop dan tidak kalah menariknya ada tempat pemandian air panas yang kesemuanya itu termasuk kedalam wilayah Beungga, Kecamatan Tangse. Dengan kondisi alam yang mendukung sepanjang perjalanan ke sana pastinya kita akan banyak menjumpai spot-spot yang menarik untuk bersantai atau hanya sekedar berfoto.Dengan banyaknya destinasi wisata yang ada di Kecamatan Tangse terutama air terjunnya membuat kawasan ini dikenal sebagai pusatnya air terjun.

Tidak hanya di Tangse, bergeser sedikit ke wilayah barat Kabupaten Pidie tepatnya di wilayah Kecamatan Padang Tiji, objek wisata dan pemandangannya tidak kalah menarik dengan Beungga ataupun Tangse, kita bisa menjumpai beberapa tempat wisata yang sangat eksotis, seperti Lingkok Kuwieng yang mempunyai julukan Grand Canyonya Aceh. Tidak hanya itu, alam Padang Tiji juga menyajikan Air Terjun Batee Meuasah, Barieh Kala, Tuih Gajah, Waduk Rajui hingga sungai yang diapit oleh tebing yang diberi nama Tuih Kala.

Semua destinasi wisata ini berada tepat dikaki Gunung Seulawah Dara. Selain jalannya yang berliku-liku serta treknya yang basah membuat kita tertantang sendiri jika berpetualang ke sana. Sepanjang perjalanan kita dihadapkan dengan hijaunya pepohonan yang rindang serta jernihnya air sungai yang ditemani dengan suara kiacauan burung yang bersahutan. Lokasi ini bisa dijangkau dengan jalan kaki bagi anda yang suka tracking atau menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Selain beberapa tempat yang telah saya sebutkan tadi, masih banyak lagi tempat-tempat yang tidak kalah indahnya, hanya saja karena treknya yang susah serta perjalanannya yang jauh membuat kita sangat sulit untuk menjangkaunya.

Itulah beberapa destinasi wisata yang wajib anda kunjungi saat anda berlibur ke Kabupaten Pidie. Dengan dukungan pemerintah dan pihak terkait saya sangat yakin kedepannya tempat-tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Pidie ini baik wisata pegunungan maupun wisata bahari akan menjadi lebih berkembang dan diminati apabila dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Hal ini dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat. 


Beberapa lokasi Wisata di Kabupaten Pidie 

 teuraceu beugga,Tangse

 waduk rajui,Padang Tiji
 teuraceu Bate meuasah,(foto by Im sipop)

arung jeram cot kuala,Tangse,(foto by Firdaus)

barieh kala,Padang Tiji

teuraceu Alue  Putek,Tangse

 tuih gajah,Padang Tiji

liengkok kuieng,Padang Tiji,(foto by Heriansyah)

Yap, demikian Pesona Alam Pidie ini saya buat. Mudah-mudahan anda bisa mengambil manfaat darinya.

Baca Juga:



EmoticonEmoticon