10/06/2017

Tgk Syik Cot Ciem, Ulama Besar Murid Abdur Rauf As-Singkily


foto: Komplek Makam Tgk Syik Cot ciem di Tiro
Teungku Syik Cot Ciem merupakan ulama besar yang di perkirakan hidup pada pertengahan abad ke-18. Teungku syik cot Ciem ialah seorang murid dari ulama besar aceh yaitu Syeikh Abdul Rauf As-singkily yang merupakan Qadi Malikul Adil pada masa Sultanah Ratu Safiatuddin, serta sama-sama berjuang mengusir penjajah dengan Teungku Syik di Tiro (Muhammad Saman).

Teungku Syik Cot Ciem wafat pada tanggal 29 maret 1906 dalam penyergapan yang di lakukan oleh Belanda dipimpin oleh sersan Gotz ( marsose tua) pada pertempuran di pegunungan Tiro, pada komplek makam Tgk Syik Cot Ciem terdapat juga makam ulama besar lainnya yakni Tgk Blang Dhot serta beberapa makam lainnya yang di perkirakan keluarga serta murid dari Tgk Syik Cot Ciem.

Sumber-sumber sejarah tentang kegiatan Islamisasi di nusantara sangat sedikit dan secara keseluruhan catatan-catatan sejarah tentang pengislaman di dalam Literature dan tradisi melayu masih simpang siur dan beragam keterangannya. Oleh karena itu, banyak hal-hal yang sukar terpecahkan sehingga sejarah di nusantara banyak yang bersifat perkiraan.

Itulah sejarah singkat dari ulama besar Tgk Syik Cot Ciem, semoga semua amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT, dan kita sebagai penerus generasi selanjutnya sudah sepatutnya menjaga dan merawat peninggalan beliau serta mempelajari tentang kehidupan beliau.

 foto: Makam Tgk Syik Cot Ciem tampak dari samping

 foto: Makam Tgk Syik Cot Ciem tampak dari dalam

 foto: Tim beulangongtanoh mewawancarai Narasumber

Baca Juga:



EmoticonEmoticon