10/19/2017

Teuraceu Lhok Jok Tangse

foto: Teuraceu Lhok Jok, Kecamatan Mane


Perjalan kali ini saya beserta teman-teman mengunjungi sebuah objek wisata alam yang berada di dataran tinggi Tangse yaitu Teuraceu Lhok Jok. Setelah melakukan persiapan yang matang kami akhirnya bergerak ke lokasi. Perjalanan dari Sigli ke Tangse kami tempuh lebih kurang 45 menit dengan jarak lebih kurang 35 KM.

Sebelum sampai ke tujuan, kami beristirahat serta makan siang di kawasan Cot Kuala tepatnya di jambo Kerlieng. Setelah beristirahat selama 30 menit kami melanjutkan perjalanan ke objek wisata yang telah kami rencanakan. Karena tidak mengetahui persis lokasinya, kami bertanya kepada warga sekitar yang sedang berada di pinggir jalan. Warga tersebut menjelaskan kepada kami rute untuk menuju ke objek wisata Teuraceu Lhok Jok.

Lokasinya berada tidak jauh dari jalan lintas Tangse-Geumpang. Hanya membutuhkan waktu 15 menit jalan kaki untuk menuju ke lokasi air terjun tersebut dengan menyisir jalan setapak  melewati anak sungai. Alamnya yang masih asri, suara burung yang merdu, serta aliran air yang jernih akan kita jumpai selama dalam perjalanan menelusuri air terjun ini. Lokasi Teuraceu Lhok Jok ini berada tepat di belakang tebing sungai dengan ketinggian yang kami perkirakan lebih kurang 8 meter.

Dikarenakan airnya yang jernih kami tidak bersantai lama langsung saja nyebur ke dalam kolam yang tepat berada di bawah teuraceu tersebut. Airnya yang begitu dingin dan jernih membuat kami betah berlama-lama di dalam kolam. Selain untuk mandi kita juga bisa mengabadikan momen-momen dengan berselfie atau hanya sekedar duduk bersantai dengan menikmati pemandangan sekitar Teuraceu Lhok Jok tersebut.


Baca Juga : Pesona Bahari Pidie

Teuraceu Lhok Jok, selain mempunyai pesona yang indah juga dijadikan masyarakat sekitar sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Setiap satu bulan sekali warga setempat bergotong royong untuk membersihkan tempat ini. Hal inilah yang menjadikan daerah tersebut masih asri dan alami karena lokasi wisata tersebut baru-baru ini di temukan dan belum di ketahui banyak orang.

Itulah objek wisata alam yang masih terjaga keasriannya tanpa adanya tangan-tangan jahil yang merusaknya. Kami berharap kepada siapapun yang berkunjung ke lokasi wisata tidak hanya Teuraceu Lhok Jok agar sampah sisa-sisa makanan tidak di buang di sana. Karen jika dibuang di sana akan merusak lingkungan. Selain dampaknya kepada lingkungan sekitar juga akan berdampak ke seluruh lingkungan masyarakat lainnya dan kami berharap kepada pihak terkait agar menata dengan baik objek-objek wisata yang terdapat di daerah kita.


 foto: pengunjung sedang menikmati Teuraceu Lhok Jok

 foto: pengunjung sedang berjalan menyusuri sungai

foto: pengunjung sedang menuju lokasi Teuraceu Lhok Jok


Baca Juga:



EmoticonEmoticon