1/25/2018

Mengenal Tgk Syik di Tiro Muhammad Amin, Berperang Melawan Belanda Melalui Dayah

 
 foto: Makam Tgk Syik di Tiro Muhammad Amin, Kec Tiro, Kab Pidie

Ketika pemerintah Belanda mendapat pukulan yang lebih banyak sesudah periode Habib, maka para ulama Tiro yang memegang palu godam (tampuk kekuasaan). Salah satunya Tgk Syeh Saman di Tiro. Dialah orang yang telah mengorganisir ”Perang Sabil’’. Beliau keliling ke mana-mana untuk mengtakbirkan rakyat supaya mengadakan perlawanan terhadap kolonial Belanda.

Untuk meningkatkan semangat rakyat dalam berperang, para ulama Tiro mengeluarkan fatwa untuk berperang melawan Belanda.dalam fatwa itu berisi tentang berjihad melawan Belanda dengan balasan syurga. Sosialisasi menjadi lebih efektif kala diwujudkan dalam bentuk hikayat perang sabil (prang sabi) yang dikomunikasikan secara lisan maupun dalam bentuk tulisan melalui buku yang praktis dan muadah di bawa.

Sebelum Syekh Muhammad Saman terjun langsung dalam membela agama dan bangsa Aceh, terlebih dulu sudah ada dari keluarga Tiro Tgk Syechk Muhammad Amin. Beliau tidak lain adalah paman, guru serta penasehat dari Tgk Syik di Tiro Muhammad Saman. Perjuangan beliau tidak dilakukan dengan peperangan dilapangan, akan tetapi beliau mendidik para pejuang-pejuang Aceh melalui dayah. Dayah ini masih beridiri kokoh hingga sekarang dan dikenal dengan nama Dayah Cut Tgk Syik di Tiro.

 
 foto: Dayah Tgk Syik di Tiro Muhammad Amin, Kec Tiro, Kab Pidie

Pada saat Belanda menyerang Aceh dalam agresi militer yang kedua, pernah di adakan musyawarah besar di bawah pimpinan Tgk Syik Dayah Cut Muhammad Amin. Musyawarah ini bertujuan untuk penunjukan Tgk Syik di Tiro Muhammad Saman menjadi pimpinan untuk berangkat ke Aceh Besar.

Tgk Syik di Tiro Muhammad Amin berpulang ke rahmatullah pada tahun 1887 di Tiro, Pidie. Beliau dimakamkan tepat di samping dayah yang beliau dirikan. Setelah beliau wafat estafet perjuangan dilanjutkan oleh Tgk Syik di Tiro Muhammad Saman dan diteruskan oleh Tgk Muhammad Amin, Tgk Mahyidin Tiro, dan yang terakhir Tgk Ma’at Tiro (3 desember 1911).

 foto: tim @beulangongtanoh sedang mengabadikan moment di depan Makam Tgk Syik di Tiro Muhammad Amin, Kec Tiro, Kab Pidie

 foto: tim @beulangongtanoh sedang mendengarkan penjelasan dari warga sekitar

Baca Juga:



EmoticonEmoticon