1/09/2018

Tuih Kala, Wisata pedalaman Padang Tiji

Foto: Suasana alam dikawasan Tuih Kala Padang Tiji


Berbicara tentang liburan, Kabupaten Pidie menawarkan berbagai macam kawasan wisata. Banyak kawasan wisata yang sudah terkenal di Kabuapten Pidie, diantaranya Air Terjun Alue Putek, Lhok Mahoni, pemandian air panas di Tangse, Waduk Rajui hingga Pantai Pelangi di Alun-Alun Kota Sigli yang banyak dikunjungi masyarakat Pidie untuk berlibur dengan keluarga di sore hari.

Dari beberapa lokasi yang disebutkan diatas, anda bisa memilih salah satu lokasi yang ingin dikunjungi. Namun apabila tidak berkenan, Tuih Kala yang ada di Padang Tiji bisa menjadi solusinya. Tuih Kala ini merupakan lokasi wisata yang terdiri dari sungai yang memiliki tebing tinggi dengan batu tersusun disisi kiri dan kanannya. Susunan batu ini mirip seperti buatan tangan manusia namun banyak orang berpendapat bahwa tebing ini sepenuhyna alami.

Untuk menuju ke lokasi ini bisa ditempuh dengan sepeda motor selama 30 menit dari Kota Sigli ke Gampong Blang Putek di Padang Tiji. Sesampai di Blang putek kita akan dituntut untuk berjalan kaki menyusuri sungai menuju ke lokasi Tuih Kala. Sepanjang perjalanan kita akan melewati kebun warga serta akan dihadapkan dengan pepohonan yang rindang dan suara aliran sungai yang tidak didapatkan di perkotaan.


Baca Juga : Teuraceu Lhok Jok Tangse 

Setelah menempuh perjalanan jalan kaki menyusuri sungai selama kurang lebih 20 menit, kita akan sampai di lokasi. Tuih Kala ini sangat cocok untuk anda yang hobi berenang. Selain airnya yang jernih, sungainya juga sangat dalam dan berwarna kehijauan. Hal ini dikarenakan lokasi sugai yang diapit oleh dua tebing yang cukup tinggi. Di sisi-sisi tebing terdapat beberapa tanaman yang hidup menempel di bebatuan.

Di kawasan Tuih Kala terdapat Gua Ular yang juga tidak jauh dari lokasi tersebut. Gua ular ini sama seperti Tuih Kala yang diapit oeh dua tebing yang tinggi. Hanya saja Gua Ular ini memiliku lubang di sisi tebing yang menjurus ke dalam air sungai. Kondisi airnyapun jernih dan sangat tenang.

Itulah lokasi wisata yang ditawarkan Tuih Kala yang bisa mejadi pilihan akhir pekan anda bersama teman-teman. Apabila berkunjung kesana janganlah membuang sampah sembarangan hasil makanan snack bawaan anda. Mari kita sama-sama melestarikan alam yang menyediakan segalanya untuk kita. Jika tidak mampu menjagaya setidaknya janganlah merusak.

 Foto: pengunjung sedang bersantai diatas hammock 
 Foto: jalan menuju Tuih Kala harus melewati sungai

Baca Juga:



EmoticonEmoticon