4/06/2018

Sultan Muhammad bin Asad Syah, siapakah Beliau?

Foto: makam Sultan Muhammad bin Asad Syah

Inilah Komplek pemakaman Raja di Kandang, Kecamatan Kota Bakti Kabupaten Pidie. Tidak ada yang menduga, itu adalah makam dari Raja-Raja Aceh terdahulu. Informasi tentang keberadaan makam tersebut kami dapatkan dari hasil bertanya dengan warga sekitar. Tidak ada papan informasi sama sekali ditempat itu. Padahal itu adalah makam orang-orang yang sangat berpengaruh di zamannya. Begitukah cara menghargai jasa pahlawan?

Di sekeliling komplek pemakaman tersebut kondisi alamnya masih sangat asri. Pepohonannya sangat lebat, tidak heran kalau peziarah sangat jarang ke tempat itu. Hal ini karena komplek pemakaman itu berada di daerah perbukitan. Begitu asrinya gajahpun pernah turun ke wilayah itu dan memporak-porandakan pepohonan di sekitar komplek makam.

Walaupun berada di perbukitan (Gle) dan di kurung oleh semak-semak, namun kondisi makam sudah lebih lumayan bagus. Warga sekitar membangun penutup makam dengan beton untuk melindungi makam-makam yang ada di komplek tersebut. Di komplek pemakaman tersebut, terdapat batu nisan yang bervariasi. Diantaranya nisan Samudera Pasai, Plak Pleng, dan Aceh Darussalam. Tipologi masing-masing Batu nisan menunjukkan asalnya dari berbagai masa dan tempat, bahkan ada Batu nisan yang selama ini belum pernah dijumpai di Aceh.

Di antara nisan-nisan itu, terdapat nisan yang berbentuk Qalansuwah (bentuk topi orang Arab, Turki) yang belum ditemukan di Aceh. Nisan model ini disinyalir sebagai bentuk kekuatan politik untuk menyatukan wilayah dan kebudayaan yang berada dibawah kekuasaan kerajaan (diperkirakan masa Kerajaan Aceh Darussalam apabila ditinjau dari segi struktur Batu nisan).

Berdasarkan informasi dari MAPESA (Masyarakat Peduli Sejarah Aceh), salah satu dari makam tersebut adalah makam Sultan Muhammad bin Asad Syah. Tidak ada yang tau siapa beliau, hanya nama yang tertulis di makam. Makamnya berada paling ujung di sisi Timur dalam komplek pemakaman. Kami meyakini orang yang dikuburkan di komplek makam tersebut adalah orang-orang yang penting dimasanya.


              Foto: Penunjuk jalan pada makam Poe Teumeuruhom, Kandang, Kec Kota bakti

Baca Juga:



EmoticonEmoticon